Cover Makalah

Diposting pada

Diakui.com – Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengetahui informasi lengkap tentang cover makalah. Sehingga saat kamu diberi tugas oleh guru atau dosen untuk membuat makalah kamu sebagai seorang siswa atau mahasiswa bisa membuat cover makalah dengan baik dan benar.

Cover Makalah

Untuk bisa mengetahui informasi lengkap tentang cover makalah, kamu harus mengetahui tentang pengertian cover makalah, ciri-ciri cover makalah, format cover makalah yang baik dan benar dan contoh cover makalah.

Sehingga nantinya ketika dosen atau guru kamu memberikan tugas untuk membuat makalah, kamu bisa membuat cover makalah sesuai dengan aturan yang berlaku. Yuk langsung saja simak tentang cover makalah secara lengkap dari artikel yang kami bagikan di bawah ini!

A. Pengertian Cover Makalah

Cover makalah adalah tampilan yang pertama akan dilihat sebelum masuk ke dalam ke isi dari sebuah makalah. Cover makalah ini berisi informasi utama yang berhubungan dengan penulisan yang terdiri dari judul makalah, nama penulis makalah, identitas penulisan makalah dan hal lainnya yang disesuaikan dengan tujuan penulisan makalah.

Manfaat dari cover atau halaman sampul dalam pembuatan makalah adalah untuk memudahkan pembaca untuk mengidentifikasi sebuah makalah secara sekilas. Sebelum orang membaca isi dari makalah yang dibuat. Selain itu, dengan menggunakan cover, sebuah makalah akan terlihat lebih profesional dan rapi.

Jadi bisa dikatakan dengan menambahkan cover pada makalah akan meningkatkan estetika dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Jadi walaupun isi dari makalah tersebut sangat baik, tetapi ketika makalah tersebut tidak memiliki cover maka akan terlihat kurang etis. Jadi cover dalam pembuatan makalah sangat berperan dalam kerapian makalah yang dibuat.

B. Ciri Cover Makalah Yang Baik

Makalah akan terlihat lebih baik ketika memiliki cover makalah yang baik. Jadi sebelum seseorang membaca isi sebuah makalah, cover adalah bagian penting yang akan memberikan penilaian langsung dari orang yang ingin membacanya. Lalu bagaimana ciri cover makalah yang baik?

Untuk ciri-ciri cover makalah yang baik, harus memenuhi syarat sebagai berikut :

  • Berisi Informasi Penting

Artinya di bagian cover akan tertulis dengan jelas informasi penting seperti judul makalah, nama penulis makalah, identitas lembaga, dan tahun pembuatannya.

  • Gunakan Layout Tepat

Untuk layout yang umum digunakan dalam pembuatan makalah adalah 4x3x3x3cm.

  • Menggunakan Orientasi Portrait

Sebuah makalah yang bersifat akademik dan tugas kuliah umumnya akan menggunakan orientasi portrait. Dengan menggunakan orientasi portrait ini akan membuat makalah lebih jelas untuk diihat dan disesuaikan dengan halaman pembahasan isi di dalamnya.

C. Format Bagian Cover Makalah

Untuk bisa membuat cover makalah yang baik, kamu juga harus mengetahui format bagian cover makalah. Berikut ini adalah susunan format bagian cover makalah yang wajib kamu ketahui, terdiri dari :

1. Judul Makalah

Judul makalah wajib ada di dalam cover makalah. Ini merupakan bagian wajib ditulis dengan lengkap agar informasi utama dari isi mahalah bisa tersampaikan dengan baik untuk pembaca. Judul harus dibuat tampak enak dilihat, sehingga akan menarik perhatian pembaca dan judul wajib menggambarkan isi dari makalah yang dibuat.

Dalam pembuatan cover makalah, judul makalah ditempatkan di bagian atas, posisi tengah dan ditulis dengan lengkap. Jenis huruf standar digunakan untuk penulisan judul makalah yaitu Font Arial, Times New Roman atau Calibri dan harus menggunakan huruf kapital yang dibold.

2. Tujuan Makalah

Tujuan makalah pada cover bisa ditulis secara singat di bagian cover, hal ini bertujuan agar pembaca bisa mengetahui informasi apa yang ditulis oleh pembuatnya.

Tujuan makalah bisa ditulis dibawah judul makalah. Untuk beberapa makalah bagian tujuan makalah juga bisa ditempatkan di bagian sub judul. Untuk format penulisan tujuan makalah akan ditulis dengan ukuran huruf yang lebih kecil dibandingkan ukuran judul utama makalah.

Contoh Tujuan makalah : Makalah ini disusun untuk memenuhi Syarat Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi.

3. Logo Makalah

Logo di dalam cover makalah adalah logo yang berkaitan dengan instansi dimana penulis menimba ilmu. Jadi logo yang disematkan di cover makalah adalah logo sekolah, logo universitas atau logo lembaga pendidikan dari penulis makalah.

Untuk penempatan posisi logo pada cover dibuat di bagian tengah (center) dengan ukuran panjang dan lebar yang presisi agar terlihat lebih proporsional di cover makalah. Jadi penggunaan logo di cover makalah tidak boleh terlalu kecil ataupun terlalu besar. Ukuran logo instansi di dalam cover makalah umumnya memiliki ukuran 5 cm x 5 cm.

4. Data penyusun

Format bagian cover makalah selanjutnya adalah data penyusun atau identitas dari pembuat makalah. Identitas penyusun ini bisa memasukan nama dan nomor identitas yag disesuaikan makalah dibuat oleh individu atau oleh kelompok.

Jika makalah disusun oleh kelompok, maka penulisan data penyusun harus dibuat berdasarkan urutan abjad. Penulisan data penyusun ini memiliki tujuan agar makalah yang dibuat mudah dibedakan dengan makalah yang dibuat oleh orang lain.

5. Identitas Lembaga Pendidikan

Selain memasukan nama pembuat dari makalah, penulis makalah juga harus menuliskan nama lembaga pendidikan baik nama sekolah/universitas, fakultas, jurusan tempat penulis menempuh pendidikan. Untuk identitas lembaga ini umumnya akan ditempatkan di bagian bawah cover makalah.

Setelah penulisan identitas lembaga biasnaya diakhiri dengan tahun pembuatan makalah dan posisi penulisan dibuat rata tengah (center) dan presisi.

D. Contoh Cover Makalah

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh cover makalah, Contoh Cover Skripsi / Tesis / Disertasi, Contoh Cover Makalah SD / SMP / SMA, dan Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah.

1. Contoh Cover Skripsi, Tesis atau Disertasi

Berikut ini ada beberapa contoh cover skripsi, tesis dan disertasi yang bisa kamu jadikan contoh membuat cover makalah :

Contoh Cover Skripsi Manajemen SDM  Universitas Muhammadiyah Palembang

Contoh Cover Skripsi Manajemen SDM Universitas Muhammadiyah Palembang

Contoh Cover Tesis Dari Universitas Hasanuddin Makassar

Contoh Cover Tesis Universitas Hasanuddin Makassar

Contoh Cover Skripsi Tentang Pendidikan di Universitas  Bengkulu

Contoh Cover Skripsi Tentang Pendidikan Universitas Bengkulu

2. Contoh Cover Makalah SD, SMP dan SMA

Contoh Cover Makalah SMA

Berikut ini ada contoh cover makalah SMA yang bisa kamu jadikan sebagai referensi saat membuat makalah di sekolah.

3. Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah atau Kampus

Berikut ini adalah contoh cover makalah tugas kuliah yang bisa kamu contoh struktur dan susunan penulisannya.

Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah

Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah 1

Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah 2

Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah 3

Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah 3

Download Template Cover Makalah Untuk SD, SMP, SMA dan Kuliah File DOC

Di indonesia pembuatan mahalah umumnya menggunakan gaya chicago atau APA yang disertai dengan identitas logo dari instutusi atau lembaga pendidikan tempat pelajar menimba ilmu. Berikut ini akan kami sajikan beberapa file download template cover makalah SD, SMP, SMA dan Kuliah.

Sehingga dengan adanya contoh cover makalah ini nantinya bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi dalam membuat karya ilmiah dengan lebih baik. Dengan menggunakan template cover makalah yang kami bagikan ini kamu juga bisa lebih mudah untuk mengedit dan menyesuaikans esuai dengan judul makalah yang ingin kamu buat.

Silahkan kamu bisa download salah satu template cover makalah SD, SMP, SMA dan Kuliah di bawah ini :

Link Download Template Cover Makalah SD, SMP, SMA dan Kuliah 1

Link Download Template Cover Makalah SD, SMP, SMA dan Kuliah 2

Contoh Cover Makalah Jenis APA, MLA, IEEE dan Chicago/Turabian

Penulisan karya tulis ilmiah atau makalah di perguruan tinggi umummnya akan menggunakan gaya penulisan yang baku berdasarkan karakteristik keilmuannya. Beberapa jenis gaya penulisan makalah seperti APA (american Psychological association), MLA,IEE dan Chicago/Turabian.

Setiap gaya penulisan tersebut akan memiliki tata cara penulisan dari halaman cover sampai daftar pustaka yang berbeda-beda. Agar kamu bisa membuat cover makalah untuk tugas di universitas dengan baik dan benar. Maka kamu harus mengetahui tata cara penulisan makalah berdasarkan gaya penulisan yang dibutuhkan.

1. Pengertian dan Format Penulisan Cover Makalah Format APA

APA adalah singkatan dari American Psychology Association, yang merupakan jenis format penulisan karya ilmiah dan makalah yang diakui di dunia. Jenis fortmat makalah APA sering digunakan untuk membuat makalah tentang pendidikan, sosial dan psikologi.

Tujuan format APA Sytle yaitu untuk memberikan landasan untuk komunikasi ilmiah yang efektif. Karena bisa membantu penulis untuk bisa menyajikan ide lebih jelas, inklusif dan lebih tepat. Selain itu, tujuan APA Style lainnya juga untuk memberikan keseragaman dan konsistensi untuk membuat pembaca lebih fokus dengan gagasan yang disajikan dibandingkan pemformatannya.

APA style memberikan pedoman penulisan yang berbeda untuk pembuatan makalah di tingkat univesitas dan profesional. Untuk versi APA Style, di halaman cover akan berisi informasi seperti judul, nama, nomor induk mahasiswa, dan institusi. Secara keseluruhan format APA style menggunakan spasi ganda dan rata tengah, menggunakan jenis huruf Times New Roman 12 point.

Walaupun di edisi APA ke 7 lebih mengedepankan fleksibilitas dengan pilihan font Georgia 11, Times New Roman 12, Lucida Sans Unicode 10, Arial 11 dan Calibri 11.Untuk lebih jelas tentang pembuatan cover makalah menggunakan APA Style silahkan simak format berikut :

Judul Makalah

Pada bagian judul posisi ditempatkan di bagian atas halaman cover, judul juga diposisikan di tengah (center), serta ditulis menggunakan huruf tebal (Bold). Selain itu, judul utama dan kata-kata penting dalam judul ditulis menggunakan huruf kapital. Di Apa Style judul direkomendasikan terdiri maksimal 12 kata dan tidak boleh menggunakan singkatan atau kata yang tidak mempunyai tujuan.

Nama penulis

Dalam Apa Style nama penulis harus ditulis secara lengkap, diletakan di bawah judul makalah, posisi berada di tengah (center) dan menggunakan spasi ganda. Tidak diperbolehkan menggunakan nama gelar seperti (Ph.D) atau (Dr.).

Jika nama penulis ada 2 orang maka harus dipisahkan dengan kata dan diantara nama penulis. Jika ada lebih dari 2 penulis, maka penulisan nama penulis dipisahkan dengan tanda koma, lalu menggunakan dan sebelum nama penulis terakhir.

Nama jurusan dan universitas

APA Style menggunakan penulisan nama sekolah, jurusan dan universitas dengan posisi berada di tengah (center) yang diletakan di bawah dari nama penulis.

Nama instruktur

Lanjut dengan menambahkan nama guru, dosem atau instruktur pembimbing yang mengampu tugas atau pelajaran yang menugaskan pembuatan makalah.

Tanggal penugasan

Untuk format makalah APA Sytle penulisan tanggal penugasan tidak hanya menuliskan tahunnya saja. Tetapi harus dituliskan secara lengkap dari tanggal, bulan dan tahun penugasan atau pembuatan makalah.

2. Pengertian dan Format Penulisan Cover Makalah Format MLA

Format Cover makalah MLA (Modern Language Association) biasanya digunakan untuk manuskrip ilmiah dan makalah penelitian mahasiswa. MLA didirikan di Amarika Serikat di tahun 1883, MLA (Modern Language Association) sendiri adalah sebuah asosiasi yang menerbitkan aturan standar format sebuah artikel. Format MLA umumnya digunakan pada makalah dengan kajian literature dan kebahasaan.

Jika dibandingkan dengan format APA Style, MLA Style memiliki format yang lebih fleksibel. Cover makalah juga digunakan secara opsional, sehingga penulisan makalah ada juga yang tidak menggunakan cover. Tetapi MLA memberikan format penulisan cover makalah untuk tugas mahasiswa dan siswa sebagai berikut :

  • Semua bagian yang ada di cover makalah MLA Sytle akan menggunakan spasi ganda dan ditempatkan dibagian tengah. Huruf pertama yang digunakan harus menggunakan huruf besar, kecuali pada kata yang pendek atau kata sambung, seperti dan, itu, atau, adalah, yang di, untuk, sebagai dan lainnya. Jadi semua huruf pertama dari kata pertama wajib menggunakan huruf besar.
  • Nama institusi : ditulis dengan memasukan nama sekolah, perguruan tinggi, atau universitas.
  • Judul Makalah di letakan di sepertiga halaman ke bawah dan bisa disertakan subjudul jika ada
  • Identitas menggunakan 8 baris enter dan ketikan nama penulis atau penyusun, nama mata kuliah atau pelajaran, nama guru/dosen dan tanggal penugasan.

3. Pengertian dan Format Penulisan Cover Makalah Format Chicago/Turabian

Format Chicago/Turabian memiliki nama resmi The Chicago Manual of Style. Format penulisan Chicago/Turabian ini diterbitkan langsung oleh University of Chicago Press. Dan sekarang juga gaya penulisan sering digunakan di Indonesia dalam penulisan makalah.

Secara umum, cover makalah dengan menggunakan format Chicago ini tidak ada aturan bakunya. Tapi masih mempunyai beberapa unsur yang wajib ada seperti cover, isi makalah, lampiran, catatan dan bibliografi. Untuk format cover makalah yang menggunakan Format Chicago/Turabian adalah sebagai berikut :

  • Judul

Pada bagian judul, dalam Chicago Style sebenarnya tidak ada gaya khusus, seringkali makalah dengan gaya format ini hanya menyertakan judul dibagian atas halaman cover. Semua tulisan yang terdapat di halaman cover menggunakan spasi ganda dan menggunakan rata tengah.

Untuk jenis font yang digunakan harus menggunakan font yang sama dengan teks lain yang di tulis di dalam makalah. Penulisan judul dibuat menggunakan huruf besar dan dibuat tebal (bold). Walaupun tidak ada aturan baku dalam penulisan cover Chicago Style, tetapi kamu tidak diperbolehkan membuat tulisan berbeda-beda dengan gaya dekoratif atau menggunakan jenis huruf berbeda ataupun mewarnainya.

  • Sub Judul

Jika dalam penulisan cover ada sub judul, maka pada judul utama harus diakhiri dengan titik dua “:” dan sub judul diletakan di baris berikutnya dengan dicetak tebal dan memiliki ukuran font sama dengan judul utama. Halaman sub judul ditulis lebih kecil dibandingkan judul utama dan dibagian ini akan berisi informasi kelanjutan dari judul utama yang disertai dengan tujuan pembuatan makalah.

  • Informasi lainnya

Untuk bagian terakhir akan berisi tentang informasi yang berhubungan dengan pendukung makalah yang dibuat, seperti nama penulis/penyusun, kelas, nama guru/dosen dan tanggal penugasan makalah. Pada penulisan nama guru/dosen menggunakan huruf yang dicetak tebal (bold).

Jadi itulah tadi informasi lengkap tentang pengertian cover makalah, ciri-ciri cover makalah, format cover makalah yang baik dan benar dan contoh cover makalah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *