Objektif dalam CV

Diposting pada

Diakui.com – Objektif dalam CV merupakan komponen yang penting dalam membuat CV. Melalui objektif CV, perusahaan yang merekrut karyawan akan dapat melihat jelas latar belakang, tujuan, serta kemampuan yang Anda miliki. Tentu hal ini akan membantu Anda mendapatkan posisi pekerjaan yang dinginkan.

Objektif dalam CV biasanya disebut Resume Objective adalah pernyataan tentang tujuan karir Anda yang disertai dengan keterampilan yang Anda miliki untuk mendukung karir yang sedang dituju.

Biasanya ditulis dalam 2-3 kalimat dan berisikan posisi pekerjaan yang diinginkan, skill pendukung, dan pencapaian karir yang diharapkan.

Objektif CV ditulis dengan tujuan untuk menambah kualitas CV dan meyakinkan rekruter untuk memilih Anda sebagai karyawan dalam posisi tersebut.

Objektif dalam CV

Lalu Apa Perbedaan CV Objektif dan Deskripsi Diri Pada CV?

Objektif dalam CV atau biasanya disebut career objective ini, berfokus pada kebutuhan pelamar kerja. Oleh sebab itu, objektif dalam CV lebih menonjolkan posisi pekerjaan yang Anda inginkan, alasan mengapa Anda pantas untuk mendapatkan posisi tersebut, hingga tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda untuk meraih posisi tersebut.

CV Summary/Deskripsi Diri berbeda dengan objektif dalam CV, deskripsi diri lebih menonjolkan kemampuan dan keterampilan pelamar kerja dan menjelaskan pencapaian yang telah diraih. Deskripsi diri tersebut lebih berfokus pada kebutuhan perusahaan.

Apa saja isi Objektif dalam CV?

1. Sebutkan karakteristik yang Anda miliki

Menyebutkan dua sampai tiga karakter  yang ada dalam diri Anda pada career objective dapat mendukung Anda mendapatkan posisi pekerjaan tujuan kamu, lho. Tentu yang dituangkan dalam objektif CV sisi positif Anda.

2. Tunjukan Pengalaman/ Pencapaian

Perusahaan tentu akan senang bila calon karyawannya memiliki banyak pengalaman dan pencapaian yang mendukung kinerja di posisi pekerjaan yang dituju. Hal ini akan menunjukkan kesiapan Anda ketika bekerja di posisi tersebut. Anda dapat menuliskan kata-kata objektif pada CV Anda secara sekilas namun tetap memerhatikan point penting yang akan Anda sampaikan.

3. Ceritakan Tujuan Karir Anda

Kalimat objektif CV berikutnya yaitu dengan menceritakan tujuan karir Anda. Karena dengan hal ini, perusahaan dapat melihat kontribusi apa yang akan Anda berikan kepada perusahaan nantinya jika terpilih.

Tujuan karir Anda harus realistis dan sesuai dengan ketentuan yang ada di lamaran agar tetap tepat sasaran. Seperti jika Anda melamar sebagai seorang guru, tujuan karir Anda sebaiknya mengarah ke bagaimana Anda akan memberikan pembelajaran.

4. Sebutkan Nama Perusahaan yang Anda Lamar

Salah satu hal yang wajib Anda tulis dalam objective CV adalah  nama perusahaan yang Anda tuju. Dengan ini, Anda akan memberikan kesan yang lebih meyakinkan bagi perusahaan. Rekruter akan merasa bahwa Anda memiliki tujuan yang jelas untuk bekerja di perusahaan mereka.

Tips Menulis Objektiv CV

1. Menulis CV sampai selesai terlebih dahulu

Dalam menulis objektif pada CV, lebih baik jika Anda menyelesaikan CV Anda terlebih dahulu dan menulis objektiv CV ditulis pada tahap terakhir. Dengan cara ini, Anda akan lebih mengerti tentang riwayat hidup dan dapat memperoleh ide yang lebih cemerlang untuk dituliskan pada objective di CV Anda.

2. Cocokkan objektif CV Anda dengan Pekerjaan yang Dituju

Objektif CV sendiri bertujuan untuk menargetkan posisi pekerjaan tertentu. Maka saat menuliskan objektif dalam CV Anda Sebaiknya menuliskannya pada posisi pekerjaan yang Anda lamar supaya rekrut yakin jika Anda benar-benar serius untuk bekerja di posisi tersebut.

3. Masukkan Kata Kunci pada CV Objective Anda

Anda dapat memerhatikan syarat dan ketentuan yang tertera pada lowongan kerja. Kemudian cari kriteria yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut. Tulis objektif dalam CV Anda dengan menambahkan beberapa kata kunci yang dapat menarik perhatian perusahaan. Dengan seperti ini CV Anda akan berpeluang besar supaya rekruter yang sedang memilah kumpulan CV pelamar kerja membaca CV Anda.

4. Spesifik Pada Hal yang Dituju

Pastikan bahwa objektif dalam CV yang Anda tulis menjelaskan tujuan karir Anda secara spesifik dan detail. Menjelaskan tujuan karir Anda dengan spesifik akan mempermudah rekruter untuk mengerti tujuan Anda dan membuat perusahaan merasa jika Anda siap untuk bekerja di perusahaan tersebut.

5. Singkat, Padat, dan Jelas

Objektif CV biasanya hanya dituliskan 2-3 kalimat panjang dalam satu paragraf saja. Jadi pastikan objektif CV Anda tidak bertele-tele dan fokus pada poin-poin penting yang lebih berguna. Selain itu Anda perlu membaca ulang objektif di CV Anda dan periksa kembali isi dan tata bahasanya, apakah sudah jelas atau tidak.

Itulah informasi mengenai pengertian, dan isi dari objektif dalam CV. Semoga dapat membantu Anda untuk segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *