Cara Agar anak mau Makan sayur
Cara Agar anak mau Makan sayur

Cara Agar Anak Suka Makan Sayur

Posted on
Cara Agar anak mau Makan sayur
Cara Agar anak mau Makan sayur

Cara agar anak suka makan sayur – Bagi anak, sayur menjadi musuh dalam makanan, sehingga tidak jarang jika orang tua merasa kesal dan gelisah jika anak mulai gelisah. Padahal sayur memiliki peran yang sangat penting sebagai asupan gizi yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Mengajarkan anak untuk terbiasa mengkonsumsi sayur memang dapat dikatakan susah-susah gampang. Untuk itu sebaiknya mengetahui trik bagaimana cara agar anak mulai tertarik untuk mengkonsumsi sayur.

Anak susah makan sayur ?

Memang sejak dini kita harus mendidik si buah hati tercinta agar gemar makan, makanan yang sehat, supaya kelak dia mencintai dirinya sendiri, agar terhindar dari penyakit. dibawah ini beberapa tips dan trik agar si anak gemar makan sayur

Memberikan Sayuran Kesukaannya

Langkah awal Anda dapat memberikan berbagai jenis sayur yang sekiranya paling disukai anak. Misalnya saja anak suka dengan wortel maupun bayam dengan proses pemasakan ditumis maupun direbus.

Saat memperkenalkan sayur kepada anak, sebaiknya hindari rasa yang pahit, keras maupun a lot. Hal ini justru membuat anak berpikir bahwa semua sayur mempunyai rasa yang sama.

 

Bercerita Dongeng Mengenai Sayur

Untuk bisa memunculkan daya tarik anak terhadap sayur, maka orang tua dapat menceritakan dongeng-dongeng tentang sayuran. Misalnya saja Anda menceritakan seputar sayur yang mempunyai peran sebagai pahlawan. Sayur memberikan gizi dan nutrisi bagi tubuh.

Selain itu Anda juga bisa memperkenalkan berbagai jenis sayuran beserta manfaatnya. Melalui dongeng inilah yang bisa memfokuskan anak agar berpikir bahwa sayuran merupakan makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap harinya.

 

Mencampurkan Sayur Pada Makanan Kesukaan

Jika ketiga cara yang ada di atas belum juga berhasil, maka cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mencampurkan sayur pada makanan kesukaannya. Anda dapat memblender sayuran tersebut, setelah itu Anda dapat mencampurkannya ke dalam daging ayam yang di baluri dengan tepung.

Bisa juga dengan membuatnya sebagai bakso maupun nugget sayur. Meskipun berbentuk wujud yang berbeda, namun secara tidak langsung anak tetap mengkonsumsi sayur.

 

Mengajak Anak Masak Bersama

Cara efektif supaya anak mempunyai keinginan makan sayur yaitu dengan mengajaknya memasak bersama. Dengan memasak maka bisa menggugah selera makan sang anak. Bahkan dirinya pun juga merasa ingin menghargai makanan yang sudah dimasak.

Readmore : Cara Agar anak tidak rewel ketika tumbuh gigi

Membuat Kreasi Makanan

Kreasi makanan yang dimaksud yaitu dengan membentuk makanan berbagai model. Misalnya saja Anda dapat membentuknya sebagai tusuk sate yang berasal dari berbagai pilihan sayuran. Seperti wortel, brokoli, paprika, Asparagus, ataupun yang lainnya. Bisa juga dengan membentuknya dengan tampilan yang lucu dan unik.

 

Ajak Makan Bersama

Cara ampuh supaya si kecil berkeinginan untuk makan sayur yaitu dengan mengajaknya makan bersama. Dampingilah anak pada saat makan dan berikan contoh bahwa sayuran juga mempunyai rasa yang enak dan lezat. Meskipun cara ini tidak mudah untuk dilakukan, namun setidaknya Anda sebagai orangtua sudah berusaha sebaik mungkin untuk memperkenalkan sayur kepada sang buah hati.

 

Perkenalkan Sayur Sejak Kecil

Tugas orang tua demi menjaga kesehatan anak yaitu dengan memberikan menu makanan sempurna dan menyehatkan. Termasuk adanya tambahan sayur di dalam MPASI nya. Memperkenalkan sayur sejak kecil secara tidak langsung mampu membantu anak agar menyukai sayur ketika dewasa.

Anda bisa menerapkan kebiasaan dengan cara menyajikan sayur sebagai makan siang maupun makan malam dari anak kecil sampai beranjak besar. Silahkan menyajikan berbagai jenis sayur pada menu makanan setiap hari.

Hal ini memiliki tujuan agar menghindari bosan. Bagi anak yang susah makan sayur, hindari memberikan sayur itu saja atau sayur yang monoton.

 

Menyediakan Segala Jenis Sayuran

Memperkenalkan anak dengan berbagai jenis sayuran bisa dilakukan. Meskipun Anda harus merepot-repot memasak beberapa sayur agar anak merasakan rasanya. Bahkan tidak jarang juga anak akan memuntahkan sayuran yang dimakannya. Namun hal ini jangan membuat Anda berkecil hati, karena masih ada cara lain agar anak tetap menyukai sayuran.

 

Berikan Pujian

Memberikan kepada si kecil pada saat dirinya memuji sayur atau makan sayur. Pujian yang diberikan bisa memberikan motivasi bagi sang anak agar mengkonsumsi sayur setiap hari. Bentuk motivasi bisa dengan memberikan pujian atau bisa juga dengan memberikan hadiah makanan kesukaannya.

Tidak sampai Anda memberikan makanan yang tidak sehat, karena hal ini justru membuat anak merasa heran, karena lidahnya merasakan kelezatan dari makanan yang tidak sehat.

 

Ajak Teman

Tidak ada salahnya jika Bunda mengajak teman si kecil untuk makan bersama. Terutama pada saat si kecil bermain dengan teman-temannya. Cara ini menjadi trik yang paling efektif agar si kecil makan dengan lahap dan sayuran yang disajikan pun habis dimakannya.

 

Rutin Menyajikan Sayur

Menyajikan sayur setiap kali makan menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. walaupun kecil tidak memiliki daya tarik untuk mengkonsumsi sayuran. Namun setidaknya sang anak memiliki daya tarik untuk menikmati sayur yang Anda sajikan tersebut. Hal ini pun juga dapat menggugah selera makan si kecil, sehingga lebih lahap makan.

 

Sayuran Aneka Warna

Anda akan menemukan berbagai jenis sayuran dan beragam warna. Anak-anak cenderung menyukai warna yang cerah. Anak-anak cenderung menyukai warna yang cerah dan warna-warni.

Untuk itu agar menarik perhatiannya, berikan sayuran dengan tampilan yang menarik, lucu dan warna-warni. pilihan sayuran warna warni dalam satu hidangan. Misalnya saja seperti menu capcay kuah yaitu terdiri dari wortel, jagung, kembang kol, brokoli maupun yang lainnya.

Selain memperoleh kandungan nutrisi secara lengkap, mengkonsumsi sayuran warna-warni juga mampu menarik perhatian anak.

 

Resep Sayur yang Kreatif

Pada saat anak sulit makan, tidak suka sayur dan menjadi pemilih makanan, maka ibu harus menjadi koki yang kreatif. Caranya yaitu dengan menciptakan kreativitas selama berada di dapur.

memasak bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan cara menumis, mengukus, menggoreng, dipepes, membuat sup atau yang lainnya. Jika anak menyukai ayam atau daging, maka Anda dapat menambahkan daging atau ikan ke sayur yang Anda masak.

 

Ubah Sayuran

Kebanyakan dari Anda mempersembahkan hadiah, karena tekstur dan rasanya. Seperti yang kita ketahui bahwa sayur kebanyakan memiliki tekstur yang keras dan rasanya pun cenderung hambar. Hal ini pun yang tidak memberikan daya tarik bagi si kecil.

Namun tenang saja, karena Anda dapat mengubah sayur menjadi terlihat seperti bentuk makanan yang tidak seperti sayur. Ada banyak sekali resep makanan yang berasal dari sayur dengan tampilan yang cantik dan menarik.

Anda pun bisa melihat beragam resep untuk mengubah bentuk sayur. Semakin unik dan berbeda, maka membuat anak merasa penasaran dengan rasanya.

Mengajarkan anak untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran memang dapat dikatakan susah-susah gampang. Bahkan tidak jarang hal ini menimbulkan stres bagi orang tua. Dengan mengetahui beberapa tips yang ada di atas, maka diharapkan para orangtua tidak lagi merasa bingung ketika harus menghadapi anak yang susah mengkonsumsi sayur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *